Rabu, 20 April 2016

Analisis Game Harvest Moon

Pengenalan

Harvest moon adalah permainan yang awalnya dikeluarkan untuk Super Nintendo. Versi-versi berikutnya menyusul dalam versi Game Boy dan GBA, Nintendo 64, dan Nintendo DS. Selain itu juga tersedia versi PlayStation, PlayStation 2 dan PlayStation Portable. Game ini mengacu kepada kehidupan pedesaan dan tugas yang diberikan kepada kita untuk mengembangkan pertanian dengan menanam tanaman, mengurus hewan dan mengatur kehidupan sosial dengan warga desa. Hal yang menjadi tantangan adalah bagaimana mereka mengatur waktu. Hanya ada sedikit waktu setiap harinya, dan pemain mempunyai energi yang terbatas. Mereka harus membagi waktu mereka untuk melakukan pekerjaan di ladang dan menjalin persahabatan dengan penduduk kota.
Game ini memiliki beberapa aspek permainan yaitu :
Jalan Cerita Di awal mula permainan pemain akan ditanya mengenai nama karakter,tempat tanggal lahir, dan juga menentukan nama kebun yang akan dirawat setelah itu mulailah awal cerita pemain yang menjalani kehidupan baru di sebuah desa.kebanyakan pemain utama di game ini adalah laki-laki, ada beberapa jenis harvest moon baru yang pemain utamanya bisa perempuan. Para pemain biasanya diminta untuk melakukan hal-hal yang berhubungan dengan peternakan dan pertanian, seperti menanam tanaman, menambah persediaan makanan, merawat hewan ternak, selain itu juga bersahabat dengan penduduk lain, dan mencari pasangan.

Menanam Tanaman Ini adalah hal yang paling utama dalam permainan Harvest Moon. Para pemain harus mencari cara menanam, menyiram, dan memanen tanaman dengan optimal. Mencari tanaman yang paling menguntungkan, membuat petak agar bisa ditanami, dan memanen semua tanaman sebelum musim dingin datang, adalah kunci utama untuk mengumpulkan uang. Di setiap musim ada tanaman yang berbeda, kecuali pada musim dingin, dimana tanaman tidak dapat tumbuh dan pemain bisa mencari pendapatan dengan menambang, memancing, dan lainnya. Di beberapa versi, terdapat rumah kaca yang dapat digunakan selama musim dingin untuk menjaga tanaman, selain rumah kaca ada juga basement untuk menanam tanaman yang musimnya bergantung pada "sun stone" yang dipasang pada setiap basement (ada beberapa versi yang menyediakan lebih dari 1 basement dan ada pula yang hanya menyediakan 1 basement. Di beberapa seri harvest moon, ada tanaman yang dapat tumbuh saat winter. Lobak, kentang, tomat, jagung, wortel, stroberi, adalah contoh-contoh tanaman yang ada di Harvest Moon. Di beberapa versi yang lebih baru, para pemain dapat juga menanam pohon. Pohon berbeda dengan tanaman karena pohon tidak akan mati jika tumbuh di musim yang bukan seharusnya hanya saja pohon tersebut tidak akan menghasilkan buah sebelum tiba musimnya. Selain itu, pohon hanya memerlukan pupuk satu kali dan akan tumbuh dengan sendirinya tanpa diberi air. Pada umumnya pohon baru tumbuh menjadi besar sampai mencapai ukuran terbesarnya dan menghasilkan buah setelah 30-60 hari bergantung pada jenis pohon.

Hewan Peliharaan dan Hewan Ternak Di banyak seri Harvest Moon, pemain biasanya diberi hewan peliharaan anjing, dan kuda . Pada beberapa seri, ada yang bisa untuk memelihara kucing, babi, dan / atau burung juga bisa memelihara lebih dari itu seperti pada Harvest Moon Sunshine Island

Menikah Di banyak seri Harvest Moon, pemain biasanya dapat menikahi serong wanita (apabila karakter utama adalah pria), ini bisa dilakukan bila pemain telah merebut hati si wanita tersebut. dan biasanya untuk menikah diperlukan bulu biru sebagai tanda untuk melamar wanita yang diinginkan, kecuali pada seri game Harvest Moon yang bejudul Harvest Moon Save The Home Land, Harvest Moon GBC 1, dan Harvest Moon GBC 2,. pada seri ini pemain tidak dapat menikah. Tiap seri Harvest Moon kandidat menikah (marriage candidate) berbeda-beda.

Penggunaan Algoritma pada game Harvest moon

1. Algoritma Greedy dalam penyusunan tanaman
Menyusun tanaman adalah hal yang sangat penting dan mendasar dalam bercocok tanam pada permainan Harvest Moon: Back to Nature karena penyusunan ini akan pemain lakukan di sepanjang permainan jika pemain selalu ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal di setiap musimnya. Setiap kantong bibit yang dibeli Junior di supermarket kota berisi 9 bibit yang tersebar berbentuk bujursangkar 3x3. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat ilustrasi di bawah ini dengan kotak yang memiliki border adalah lahan yang sudah dicangkul dan X adalah posisi tempat Junior berdiri dan menyebar bibit. Akan tetapi masalah yang terjadi di sini yaitu pada awal permainan, Junior tidak dapat menyiram petak yang ada di tengah karena watering can yang dia miliki masih berada pada level rendah.

2. Algoritma Greedy dalam pemilihan tanaman
Selain dalam penyusunan ladang tempat tumbuhnya tanaman, algoritma greedy juga dapat diterapkan dalam pemilihan bibit tanaman yang akan ditanam nantinya. Bibit yang ditanam memiliki harga masing-masing, waktu sampai panen yang juga berbeda antara satu dengan yang lain, serta keuntungan yang didapatkan setelah semua hasil panen dari bibit tersebut terjual habis. Berdasarkan parameter-parameter ini dapat diterapkan 2 algoritma greedy yang cocok untuk persoalan memilih bibit yang akan ditanam. Pada kasus ini, diasumsikan bibit yang dibeli sesuai dengan musim yang sedang berlangsung saat itu. Algoritma greedy yang dimaksud yaitu:

  • Greedy by fastest profit gaining time

Algoritma greed by fastest profit gaining time ini seperti namanya, dapat diterapkan jika pemain butuh uang dengan cepat, misalnya pada saat pemain membutuhkan tambahan dana yang relatif sedikit namun mendesak untuk membeli peralatan baru, meng-upgrade peralatan yang sudah ada, ataupun membeli hadiah untuk penduduk sekitar. Pada algoritma ini, kantung bibit yang akan dibeli adalah kantung-kantung bibit yang tanamannya dapat berbuah dengan cepat sehingga pemain dapat menjualnya dengan cepat dan segera mendapatkan keuntungan setelah hasil panennya terjual

  • Greedy by highest profit gain at a certain time

Algoritma greedy by highest profit gain at a certain time ini dapat diterapkan jika pemain tidak sedang terlalu membutuhkan uang. Penerapan algoritma ini dapat dijuga dipandang sebagai cara yang paling optimal untuk mendapatkan uang karena dilakukan optimasi pada algoritma ini. Idenya adalah algoritma ini mencari cara sebagaimana rupa sehingga pemain dapat mendapatkan untung yang sebesar-besarnya dalam waktu yang sesingkat-singkatnya

3. Algoritma Djikstra
Algoritma Djikstra adalah algoritma pencarian lintasan terpendek yang paling terkenal. Algoritma Djikstra dinamai sesuai dengan nama penemunya, Edsger Wybe Djikstra. Dari naskah aslinya, algoritma Djikstra diterapkan untuk mencari lintasan terpendek pada graf berarah. Namun, algoritma ini juga dapat tetap diterapkan untuk graf tak berarah.
Algoritma Djikstra mencari lintasan terpendek dengan menggunakan sejumlah langkah. Pengelolaan waktu merupakan salah satu aspek terpenting dalam keberhasilan memainkan permainan Harvest Moon:Back to Nature ini. Oleh karena itu, pemain harus memiliki manajemen waktu yang baik dalam bermain permainan ini. Proses manajemen waktu dalam permainan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memilih rute berjalan yang paling dekat agar waktu tidak terbuang sia-sia karena salah memilih jalan atau melewati jalan yang cukup jauh.
Persoalan ini disebut persoalan shortest path problem yang dapat diselesaikan dengan algoritma Djikstra. Untuk melakukan pemecahan masalah.

Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar