Kamis, 24 November 2016

Cloud Computing

Cloud computing adalah sebuah teknologi yang mengacu pada penggunaan media internet sebagai sumber daya komputasi. Pengertian cloud computing secara teknis adalah banyak server yang saling terhubung yang digunakan untuk menyediakan sumber daya (source) oleh setiap penggunanya bersama. Sumber daya ini dapat berupa aplikasi (software), penyimpanan (storage), data, dan lain-lain.

Jargon komputasi awan (cloud computing) ini sudah mulai hangat dibicarakan sejak akhir tahun 2007. Cloud computing digunakan untuk memindahkan setiap layanan yang digunakan sehari-hari menjadi media internet dan bukan lagi disimpan dalam penyimpanan lokal (personal computer). Sebenarnya, sebagian dari teknologi ini telah diterapkan sejak lama, seperti layanan email. hotmail, one drive, office web app, serta product cloud lainnya.

Berbagai perangkat yang terhubung ke jaringan cloud computing seperti PC, laptop, smartphone, dan sebagainya, akan memiliki semua data beserta program pada hosting dan terhubung setiap saat serta dapat digunakan dimanapin selama memiliki koneksi internet. Layaknya menginstal program sendiri di PC, program yang sama dapat di akses sebagai aplikasi layanan web yang dapat di akses melalui web browser.

Layanan teknologi cloud computing ini dapat dibeli pelanggan atau berlangganan layanan sesuai dengan pemakaian data yang dibutuhkan pada saat itu. Hal ini berarti jika suatu waktu user membutuhkan peningkatan penggunaan, paket dapat ditambahkan. Begitu juga jika kebutuhan berkurang maka paket layanannya dapat diturunkan, sehingga user dapat mengatur keuangan yang lebih hemat sesuai dengan kebutuhan.

Layanan Cloud Computing
Jenis layanan cloud computing pada dasarnya dapat dibagi dalam 3 jenis, yaitu:


Software as a Service (SaaS)

Sebuah layanan pada teknologi cloud computing mengenai pemakaian software (perangkat lunak) yang telah disediakan. Contoh: layanan email publik (Outlook mail, YahooMail, Gmail, dsb), social network (Facebook, Twitter, dsb), instant messaging (Skype, Yahoo Messenger, GTalk, dsb) dan masih banyak lagi yang lain. Perangkat lunak yang dahulu harus terinstall dalam PC, kemudian baru dapat digunakan (on-premise) mulai dapat dinikmati lewat cloud computing. Contoh:


  • Microsoft Office yang diedarkan dalam bentuk Office 365
  • Adobe Suite yang bisa digunakan lewat Adobe Creative Cloud, dan masih banyak lagi


Platform as a Service (PaaS)

Teknologi cloud computing dapat menyewakan sistem operasi, network, database engine, framework aplikasi, dll, untuk menjalankan aplikasi yang kita buat seperti tradisional hosting. Contoh penyedia layanan PaaS ini adalah:


  • Amazon Web Service
  •  Windows Azure


Infrastructure as a Service (IaaS)

Cloud computing dapat memberikan layanan infrastruktur IT (komputasi, storage, memory, network, dsb). Dapat diartikan sebagian besar unit komputasi seperti (CPU), penyimpanan data (storage), memory (RAM), bandwith dan lain-lainnya dapat disewa. Contoh penyedia layanan IaaS adalah:


  • Windows Azure
  • Amazon EC2
  • TelkomCloud
  • BizNetCloud, dan sebagainya

Masalah yang berhubungan dengan Claud Computing server.

1. Jika masalah dilihat dari segi Keamanannya.

Nah disini saya akan memberikan beberapa contoh masalah dari servereperti masalah pada security data yang mana ketika anda berhadapan dengan komputer anda yang terhubung dengan koneksi internet maka bukan tidak mungkin lagi jika anda mempunyai keinginan untuk melakukan akses terhadap server cloud tersebut, maka janganlah diremehkan lagi masalah tersebut karena sebagian besar dimungkinkan ketika anda mengakses cloud itu, program atau pengguna yang namanya cracker akan masuk kedalam server, dan pada akhirnya cracker itulah yang akan merusak seluruh data yang berada pada server Claud itu, bahkan tidak itu saja yang dapat dilakukan oleh cracker, selain merusak dia juga akan menghancurkan bahkan menghapus dan mengambil secara diam-diam tanpa seizin dan sepengetahuan dari user komputer.

Sehingga apabila dalam melakukan pemrogaman terhadap Claud Computing server, maka pilihlah server Claud yang berkualitas dan memiliki keamanan untuk data yang berada pada server anda tersebut, sehingga ketika anda membutuhkannya sewaktu- waktu, anda cukup terhubung dengan internet dan mengambilnya sesuka hati anda.

2. Masalah Claud Computing dilihat dari privasi dan penyusupan kedalam server.

Masalah yang kedua ini menyangkut tentang Claud Computing bahwa privasi atau bisa dikatakan data rahasia yang berada pada server Claud dapat dibaca oleh orang lain, meskipun server tersebut telah menggunakan enkripsi pada data-data nya.

Penyusupan pada data kedalam server Claud merupakan masalah yang tadi sudah saya jelaskan pada penjabaran sebelumnya diatas, masalah tersebut haruslah terus diawasi oleh user agar tidak terjadi kemasukan seorang cracker, juga virus program malware, hal demikian memang perlu diperhatikan keamanannya oleh user administrator dan sellau mengecek jangan sampai server tersebut memiliki celah yang dapat dimasuki oleh program jahat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar